Siapakah Presiden RI berikutnya???
Indonesia adalah pada saat yang genting dalam sejarah. Peregangan di balik itu adalah 16 tahun dari era pasca-Soeharto yang melihat negara itu berhenti otoritarianisme, gaya dingin-kalkun, dan terjun cepat ke demokrasi dan desentralisasi. Dekade terakhir telah berada di bawah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono keluar, yang akan mencapai batas konstitusional diamanatkan jangka dua di bulan Oktober. Pada tanggal 9 Juli, ia akan menyerahkan kendali ke salah satu dari dua kandidat berdiri di pemilihan presiden negara itu.
Apakah akan Prabowo Subianto, yang hubristic mantan jenderal pernah menikah dengan putri Soeharto, pemimpin otoriter yang dipaksa mengundurkan diri pada tahun 1998? Atau akan itu Joko Widodo, yang dikenal sebagai "Jokowi," tak kenal lelah, gubernur menonjolkan diri di Jakarta? Keduanya memiliki kapasitas untuk menekuk busur Indonesia tentang sejarah - tetapi masing-masing ke arah yang berbeda. Indonesia akan tidak hanya akan memilih antara dua pemimpin yang sangat berbeda. Mereka akan memilih antara dua futures yang sangat berbeda.
Dalam beberapa pekan terakhir, garis pertempuran antara kandidat telah dipadatkan. Masing-masing telah menghasilkan visi dan misi. Mereka telah berdebat dalam beberapa debat di televisi - dengan dua lagi dijadwalkan, pada tanggal 29 Juni dan 5 Juli Perlombaan tampaknya menuju finish ketat.. Jokowi memimpin di awal dalam jajak pendapat telah menguap, dan Prabowo tampaknya sedikit di depan, meskipun jumlah pemilih belum memutuskan tetap besar.
Kenaikan mantap Prabowo dalam popularitas telah dibantu oleh aliansi dengan Golkar, partai terbesar kedua dalam pemilu legislatif bulan April, yang membawa dia jaringan nasional yang kuat operatif politik. Dia juga dapat mengandalkan kantong dalam kakak miliarder dan pendukung, Hashim Djojohadikusumo. Dan dia memiliki kelebihan dalam akses media, berkat dukungan luas dari komunitas bisnis, termasuk beberapa konglomerat media, salah satunya memiliki hak eksklusif untuk menyiarkan Piala Dunia untuk Indonesia sepak bola-gila.
Studi di kontras
The mengintensifkan persaingan antara kandidat telah ditetapkan tajam perbedaan mereka dalam gaya dan kepribadian. Keduanya telah mencoba untuk menarik perbandingan mencolok dengan incumbent Presiden Yudhoyono, dipandang oleh banyak orang sebagai ragu-ragu dan tidak efektif. Strategi Prabowo telah menggambarkan dirinya sebagai seorang pemimpin yang dinamis yang mampu keputusan yang sulit, meskipun ia tidak memiliki pengalaman di pemerintahan. Militer hanya profesinya, dan meskipun karirnya tiba-tiba dihentikan oleh tuduhan pelanggaran hak asasi manusia, banyak pemilih melihat latar belakang militer sebagai bukti kepemimpinan yang kuat dalam situasi yang sulit.
Pelatihan militer jelas dalam pesan disiplin pada isu-isu seperti korupsi dan sumber daya nasionalisme, tema yang ia telah kembali di setiap kesempatan. Tapi dia telah enggan dalam menawarkan spesifik pada kebijakan apa ia mengusulkan untuk mengikuti. Nya sembilan halaman manifesto panjang di slogan tapi pendek pada detail, fokus pada tujuan yang tidak kontroversial seperti, ekonomi yang adil yang kuat dan aman, berdaulat, demokrasi.
Mendasari kampanye Prabowo telah menjadi genderang stabil nasionalisme menggugah Sukarno, otoriter pertama Presiden Indonesia, yang percaya bahwa ia dipersonifikasikan bangsa. Sementara Prabowo telah menunjukkan menahan diri dalam debat presiden, demonstrasi publik telah tirades melawan musuh tersembunyi - sering terselubung referensi untuk orang asing - yang, katanya, mengeksploitasi orang Indonesia miskin dan mengisap sumber daya dari negara. Dalam tradisi terbaik dari Sukarno, ia menawarkan dirinya sebagai pelindung dan penyelamat kaum miskin.
Tapi Indonesia saat ini adalah negara yang berbeda dari negara yang baru merdeka tahun 1949. Ini adalah demokrasi yang hidup di mana parlemen wields sebagai kekuatan sebanyak presiden, mungkin lebih. Memang, ketidakefektifan Yudhoyono, terutama dalam masa jabatan kedua, berada di bagian yang disebabkan oleh ketidakmampuannya untuk bergoyang parlemen, termasuk anggota koalisi sendiri, pada isu-isu sentral untuk program-program ekonomi dan sosialnya.
Presiden berikutnya akan menemukan bahwa karisma pribadi akan peduli sia-sia kecuali parlemen mendukung dia. Hasil pemilihan parlemen April hanya meningkat tantangan ini; 10 partai politik bertemu uji ambang batas untuk diwakili di parlemen, dan yang paling sukses adalah Partai Jokowi itu Demokrasi Indonesia Perjuangan, atau PDIP, yang bahkan kemudian memenangkan kurang dari 20% dari kursi.
Prabowo tidak memberikan kesan bahwa ia akan memiliki cukup kesabaran untuk bernegosiasi dan berkompromi dengan parlemen terfragmentasi pada hal-hal legislatif. Hatta Rajasa, nya wakil presiden berjalan mate, tidak mungkin untuk membantu banyak; sebagai menteri dalam pemerintahan kedua Yudhoyono, ia tidak berhasil dalam membangun jembatan dengan parlemen.
Clash gaya
Dalam kasus apapun, parlemen yang baru terpilih di Indonesia tidak akan bersedia untuk melihat kekuasaannya dibatasi oleh presiden otoriter. Kontes antara presiden Prabowo dan parlemen tersinggung akan menjadi ujian kehendak yang bisa berakhir dengan hanya satu dari dua cara - kepresidenan kebiri atau parlemen dikebiri. Baik akan baik bagi Indonesia dalam jangka panjang.
Gaya Jokowi itu tidak bisa lebih berbeda dari Prabowo. Pendekatan inklusif dan kolaboratif menjabat sebagai walikota kota Jawa Tengah Surakarta, sering disebut Solo, dan kemudian sebagai gubernur Jakarta, membawa perbaikan dramatis dalam kualitas pemerintahan di kedua kota. "Walkabout" pendekatan manajemen dan perhatiannya terhadap isu sentral kepada orang miskin - terutama akses terhadap kesehatan dan pendidikan - meningkatkan popularitasnya status bintang rock.
Dalam pemilu pertamanya sebagai walikota Solo, Jokowi memenangkan 37% suara; dalam bukunya terpilihnya kembali lima tahun kemudian, ia memenangkan 90%. Pemilihannya sebagai Gubernur DKI Jakarta adalah kemenangan yang signifikan terhadap gubernur incumbent, yang mendapat dukungan dari sebagian besar partai politik besar.
Meskipun dalam kantor selama kurang dari dua tahun, Jokowi memukul tanah berjalan di Jakarta. Dia mulai dua proyek infrastruktur besar - sistem angkutan massal yang cepat dan proyek monorel - yang telah terhenti selama bertahun-tahun di tengah kemacetan birokrasi. Dia memperkenalkan skema asuransi kesehatan bagi masyarakat miskin, meniru pengalaman di Solo, dan mulai proyek-proyek lainnya, seperti untuk mengontrol banjir dan mengurangi kemacetan lalu lintas. Di negara di mana pertumbuhan yang cepat selama dekade terakhir membawa sedikit manfaat materi kepada orang miskin, Jokowi menunjukkan bahwa pemerintah Indonesia dapat efektif dalam memberikan pelayanan dasar, infrastruktur dan pekerjaan.
Track record Jokowi dalam pemerintahan menunjukkan seorang pria prinsip yang praktek apa yang dia khotbahkan. Ia merekrut orang-orang berbakat tanpa memperhatikan jenis kelamin atau agama. Dia sulit pada korupsi, rent-seeking dan birokrasi yang berlebihan. Dia mengakui apa yang dia tidak tahu dan tampaknya tidak takut untuk mencari nasihat dari orang-orang yang melakukan. 42-halaman, sembilan poin manifesto presiden, tidak seperti Prabowo, penuh dengan detail, yang mencerminkan beberapa ide terbaik di antara pemikir kebijakan atas Indonesia.
Melindungi orang miskin dan minoritas adalah tenunan benang merah seluruh dokumen. Penekanannya pada reformasi birokrasi - termasuk polisi dan peradilan - dan memprioritaskan upaya anti korupsi di departemen ini mencerminkan pengalamannya sendiri dalam pemerintah daerah. Nya pilihan wakil presiden Jusuf Kalla, yang adalah wakil presiden di lebih aktif dan sukses pertama istilah Yudhoyono, membawa ke timnya koalisi-builder yang kuat yang akan mampu menjalin hubungan yang kuat dengan parlemen dan memastikan sinergi yang lebih baik antara eksekutif dan legislatif.
Sementara Prabowo dan Jokowi tidak bisa lebih berbeda dalam gaya dan temperamen, tujuan kebijakan ekonomi mereka tumpang tindih untuk beberapa derajat. Keduanya telah bersumpah untuk mengurangi subsidi BBM, mempertahankan larangan ekspor mineral, mempercepat pembangunan infrastruktur, meningkatkan kualitas pendidikan, mengurangi partisipasi asing dalam sektor keuangan dan memperkuat keamanan nasional.
Tapi mereka berbeda dalam bidang utama. Prabowo memiliki rencana ambisius untuk pertanian - sebuah "dorongan besar" untuk mengubah 16 juta hektar lahan hutan menjadi biofuel dan makanan peternakan, dan dalam proses menciptakan dari 40 juta lapangan kerja baru. Namun, ini tampaknya mengabaikan sejarah maaf di Indonesia transmigrasi, dan kebutuhan untuk memfasilitasi perubahan struktural dari pertanian dan ke arah manufaktur dan jasa. Jokowi, sebaliknya, bertujuan untuk membantu para petani dengan berfokus pada perluasan irigasi.
Prabowo adalah mendukung peran BUMN dan negara, dan nya wakil presiden pasangannya diketahui menentang privatisasi. Jokowi muncul lebih terfokus pada menghilangkan hambatan birokrasi bagi investasi swasta dan merampingkan sistem peraturan. Prabowo ingin merevisi kontrak Indonesia dengan perusahaan minyak dan mineral asing secara sepihak. Jokowi ingin menghormati mereka.
Memilih takdir di Indonesia
Baik calon adalah sebuah kanvas kosong. Keduanya dibentuk oleh masa lalu mereka tapi menawarkan kontras pandangan masa depan. Sebuah pertanyaan kunci, kemudian, adalah arah masing-masing akan mengambil Indonesia. Sebuah presiden Prabowo kemungkinan akan membangun konglomerat dan kekuasaan negara seperti di era Soeharto, tetapi melalui perusahaan negara dan pembatasan perdagangan dan investasi di era Sukarno. Selain itu, Prabowo mengulangi penekanan pada betapa pentingnya kepemimpinan yang kuat harum dari struktur kekuasaan terpusat Suharto. Dia telah mendesak agar Indonesia kembali ke UUD 1945 yang asli, yang akan mengembalikan ke presiden kekuatan yang lepas Suharto dinikmati sebelum kejatuhannya pada tahun 1998. Sementara yang tidak mungkin terjadi, ia menyediakan sekilas impuls dalam mengemudi ambisinya.
Sebuah presiden Jokowi kemungkinan akan menekuk busur dalam arah yang sama sekali berbeda. Jika masa lalunya adalah indikator apapun, penekanannya akan pada memberikan layanan dasar bagi masyarakat miskin, pemberdayaan masyarakat lokal dan pemerintah daerah, dan mendorong pola pro-poor pertumbuhan yang mendukung kekuatan pasar sementara mengakui peran penting dari pemerintah.
Pendekatan seperti itu akan memperkuat kecenderungan politik ke arah yang lebih dalam dan lebih asli demokrasi, transparansi dan efisiensi dalam operasi pemerintah, dan kebijakan yang mencegah konsentrasi lebih lanjut dari pasar dan kekuasaan politik di tangan beberapa. Cawapresnya dikenal karena pragmatisme dan akan sangat berharga dalam Penciptaan koalisi parlemen mendukung program presiden.
William Jennings Bryan, seorang politikus Amerika mencatat, pernah berkata: "Takdir bukanlah masalah kesempatan, itu adalah masalah pilihan." Pemilih Indonesia akan membuat pilihan mereka dikenal pada 9 Juli. Dan dengan demikian, mereka akan memilih nasib mereka.